December 15, 2011

ARTI ADVEN DALAM KELUARGA KU

Aroma Natal udah mulai kecium nie,.... Iya nggak??  hehheheeh
Kecium aromanya itu gimana maksudnya ???
Hm,... biasanya klo ngomongin Natal,... yg kebayang duluan di benak kita, udah pasti Pohon Natal, Silahturahmi, Maaf2an, Kedamaian tak terhingga, Keceriaan, apalagi ditambah dengerin  tembang2 Natal di seluruh pelosok heheh,...
Tapi udah banyak yang tahu kah bahwa bagi umat Kristiani, Natal tidaklah dirasa lengkap jika tidak melewati Masa Adven. Hm,... Kenapa Masa Adven itu penting? Yuuk kita simak sama2 eaa...

Empat hari minggu sebelum Natal tiba, umat kristiani menjalankan masa Adven.
Adven berasal dari kata Adventus  yang artinya Kedatangan. So Bagi umat Kristiani, masa Adven ini berarti  masa di mana umat kristiani mempersiapkan diri (bathin) untuk menyambut  Pesta Natal (pesta peringatan kelahiran Yesus). Pada Masa Adven  ini secara simbolis biasanya dilambangkan dengan adanya rangkaian daun cemara berbentuk lingkaran dan 4 lilin di atasnya.
Tiga dari lilin2 itu berwarna ungu, dan 1 lilin lainnya berwarna  pink (merah jambu).
Warna ungu pada lilin tersebut mengartikan Pertobatan dan Penyesalan yang ditandai dengan berpuasa....Sementara lilin berwarna merah jambu/pink itu menandakan Sukacita atau biasa di kenal dengan istilah "Gaudete". lilin2 ini berasal dari Sejarah Adven ea,... jadi nggak sembarangan gitu dipilih warnanya sesuai selera kita hehehheh.
Seperti yang sudah digambarkan di atas bahwa masa Adven terdiri dari 4 minngu sebelum hari raya Natal tiba, Nah,... ke-4 Lilin2 Adven itu pun ada kaitannya dengan ke-4 hari minggu ini.
Sebab,.. di hari minggu pertama yang dimaksud, satu lilin berwarna ungu akan dinyalakan (saat berlangsungnya misa di gereja tentunya). dan ketiga lilin lainnya masih tetap utuh dan tidak dinyalakan.
Saat hari minggu kedua tiba, lilin berwarna Ungu yg ke-2 pun dinyalakan. begitupun di hari minggu yang ke-3, lilin Ungu yang terakhir juga dinyalakan bersama lilin ungu lainnya yg sudah dinyalakan pada minggu sebelumnya. Barulah setelah melewati 3 hari minggu, yakni pada minggu ke-4 sebelum Natal tiba, Lilin Pink(Merah Jambu) itu dinyalakan, yang artinya, masa penyesalan dan pertobatan sudah kita lewati, dan ini saat dimana kita bersuka cita mempersiapkan segalanya untuk menyambut Hari Natal.
Biar teman2 pada punya bayangan mengenai  lilin2 Adven beserta rangkaian daun cemara,.. yuuks kita simak gambarnya berikut :

Bahasan ini saya apresiasikan khusus bagi Ayah saya (SIGA WULFRANUS), yang sudah memperkenalkan Adven kepada saya, adik2 dan Ibu sya sejak dini. ( I Love U Dad,..) 
Kini di manapun saya berada,.. masa2 ini mengingatkan selalu kepada keluarga saya ^_^ . 
Marilah memaknai Natal lebih dari sekedar yang kita lihat,.....bukan sekedar menyiapkan dekorasi natal yang terindah di rumah kita, bukan juga sekedar  memakai baju baru yg tercantik, model rambut baru, it's not also about preparing the best pudding, and cake at home,..
It's about How we prepare our heart to accept Jesus Christ.
So Selamat menjalankan Masa Adven dan menyambut Natal bagi yang merayakannya,... 
Semoga kita semua bisa merayakan Natal dengan penuh kedamaian,...  Amin...




No comments: